Suryakancana

Suryakancana UV Dryer
Rumah Pengering Suryakancana

UV Dryer Suryakancana solusi rumah pengering hasil panen karya PT Agricon Sentra Agribisnis Indonesia (ASABI) yang telah dipatenkan.

Kondisi cuaca yang tidak menentu terutama di musim peralihan dan musim hujan dapat menyebabkan proses pengeringan terhambat. Saat ini, proses pengeringan masih menggunakan pengeringan konvensional dengan menggunakan sinar matahari secara langsung. Apabila hujan turun hasil panen yang dijemur akan dipindahkan dan dimasukkan ke dalam karung untuk dapat dijemur kembali saat cuara cerah. Pengeringan sangat bergantung pada penyinaran matahari.

PT ASABI membuat sebuah inovasi UV Dryer Suryakancana sebagai solusi bagi petani dan industri dalam proses pengeringan hasil panen. UV Dryer Suryakancana menggunakan metode efek rumah kaca. Diperlengkapi dengan plastik uv yang berfungsi sebagai penghantar panas, temperatur didalam ruangan dapat terjaga dengan baik. Prinsip pemanasan dari UV Dryer Suryakancana ini memanfaatkan radiasi yang masuk kedalam bangunan pengering dan terperangkap bangunan yang berpenutup transparan sehingga meningkatkan suhu panas dalam bangunan. Suhu tersebut digunakan untuk menguapkan air yang terkandung pada hasil panen. Perbedaan suhu di luar bangunan dan didalam UV Dryer berkisar antara 5 sampai 10 derajat.  Dengan bantuan UV Dryer Suryakancana, proses pengeringan dapat tetap berjalan walaupun cuaca hujan. Pada saat kondisi cuaca cerah pengeringan dapat dilakukan selama 2-3 hari.

Keuntungan lain dari penggunaan UV Dryer Suryakancana ini adalah tidak menggunakan bahan bakar dan listrik. Zat aditif yang terkandung didalam plastik uv memberikan banyak keuntungan lain seperti anti bakterial untuk melindungi hasil panen dari penyebaran bakteri, serangga, dan jamur. Bentuk bangunan yang didesain anti tikus dengan barrier tembok dan wiremesh menambah perlindungan UV Dryer Suryakancana.

Suryakancana
Pengeringan di dalam Suryakancana

Cara aplikasi menggunakan UV Dryer Suryakancana :

  • Dropping dan Spreading
  • Hamparkan gabah basah (sekitar 25% kadar air) pada permukaan lantai, kemudian ratakan ketebalannya. Semakin tipis hamparan maka akan semakin baik proses pengeringannya.
  • Pembalikan gabah
  • Proses pembalikan gabah sangat penting untuk mempercepat proses pengeringan, terutama setelah 30 menit pertama pengeringan, karena pada saat itulah laju pengeringan berada di fase tertinggi. Selanjutnya, lakukan pembalikan setiap 2 jam.

Dengan penggunaan UV Dryer Surya Kancana proses pengeringan hasil panen dapat menjadi lebih efektif dan efisien.